Wednesday 18 February 2015

Pengkabelan Dan Instalasi NIC

Assalamu'alaikum Wr.Wb

1. Pengkabelan

    Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain. Hubungan ini dapat dibangun dengan berbasis wireline (kabel) maupun wireless (nirkabel). Dalam jaringan komputer ada beberapa jenis kabel yang umum digunakan untuk mentransmisikan data, yaitu kabel coaxial, fiber optic dan twisted pair.
     
     a. Kabel Coaxial
        Kabel coaxial biasanya dibuat dari tembaga atau aluminium dan digunakan oleh perusahaan TV kabel untuk memberikan layanannya. Kabel ini juga digunakan untuk mengkoneksikan berbagai macam komponen yang membentuk sistem komunikasi satelit.

     b. Kabel Fiber Optic
        Kabel fiber optic terbuat dari kaca atau plastic. Kabel ini memiliki bandwidth yang sangat tinggi dan memungkinkan untuk membawa data yang sangat besar. Fiber optic digunakan di backbone jaringan. Kabel ini biasa digunakan oleh perusahaan yang menjadi pusat data besar misalnya perusahaan telepon seperti Telkom.

     c. Kabel Twisted Pair
       Kabel twisted pair merupakan teknologi Ethernet modern yang umumnya menggunakan kabel tipe tembaga untuk mengkoneksikan device. Kabel ini merupakan kabel yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer khususnya jaringan local (LAN).
       Kabel twisted pair dibedakan menjadi dua, yakni Shielded Twisted Pair (STP) dan Unshielded Twisted Pair (UTP). Disebut STP karena di dalamnya terdapat pelindung (shield) yang melindungi logam kabel dari interferensi elektromagnetik, sedangkan kabel UTP tidak memiliki pelindung (unshield).
       Kabel UTP memiliki 8 warna yang berbeda – beda. Ada dua susunan kabel UTP yang paling sering digunakan, yaitu straight through dan cross over.
  • Kabel straight through digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki yang berbeda, seperti menghubungkan antara komputer dengan switch, komputer dengan LAN pada modem kabel/DSL, menghubungkan router dengan LAN pada modem kabel/DSL, menghubungkan switch ke router dan menghubungkan hub ke router.
  • Kabel cross over digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki setingkat, misalnya menghubungkan PC ke PC, PC ke AP radio, router ke router, hub ke hub, serta switch ke switch.
Pada pembahasan ini, kita akan membuat kabel jaringan menggunakan kabel UTP. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut.
  • Kabel UTP
  • Konektor RJ-45
  • Tang Crimping
  • LAN Tester


Adapun langkah-langkah pembuatan kabel jaringan adalah sebagai berikut.
1) Kupas kulit kabel UTP menggunakan tang crimping agar tembaga kabel terlihat. Perhatikan gambar berikut.

2) Pisahkan tembaga – tembaga kabel UTP yang saling berpasangan. Kemudian susunlah warna kabel untuk tipe kabel straight through ataupun cross over.
Susunan kabel straight through :

Susunan kabel cross over :

3) Setelah ujung – ujung kabel UTP tersusun berdasarkan warnanya, potong tembaga kabel UTP menggunakan tang crimping agar ujung – ujungnya rata. Perhatikan gambar berikut.


4) Setelah ujung – ujung kabel rata, masukkan kabel ke dalam konektor RJ45 dengan tetap memperhatikan susunan warna kabel. Kulit kabel UTP harus ikut terjepit oleh konektor agar konektor tidak mudah lepas dari kabel. Perhatikan gambar berikut.

5) Setelah ujung – ujung kabel UTP rapat ke ujung konektor, crimping konektor menggunakan tang crimping. Crimping-lah konektor dengan erat agar konektor tidak mudah lepas dan kabel dapat terbaca pada LAN tester. Perhatikan gambar berikut.

6) Setelah konektor ter-crimping dengan baik pada pin1 maupun pin 2, lakukan tes menggunakan LAN tester. Jika lampu pada LAN tester menyala sesuai dengan urutan pin yang ada pada table susunan kabel straight maupun cross, berarti pembuatan kabel straight maupun cross telah berhasil. Namun, jika urutan nyala lampu tidak sesuai, berarti ada kabel yang tidak sesuai dengan tempatnya. Perhatikan gambar berikut.


2. Instalasi NIC
Network Interface Card (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan komputer ke jaringan untuk tujuan tertentu, seperti sharing data, sharing printer ataupun koneksi ke internet. Kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal yaitu kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi di motherboard.
Saat ini, NIC dibedakan menjadi dua bagian berdasarkan media interface datanya, yaitu:
·   NIC biasa dengan media kabel.
·    NIC wireless yang media datanya menggunakan udara (gelombang).

NIC juga dibedakan berdasarkan sifatnya, yaitu :

     a. NIC Fisik
      NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan pada slot ekspansi di motherboard, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, ataupun bus PCI-e. Selain dapat ditancapkan pada motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus parallel atu express card, sehingga meningkatkan mobilitas. Contoh NIC fisik adalah NIC Ethernet.

     b. NIC Logic
     NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalkan di atas sistem operasi dan bekerja seolah – olah dirinya adalah sebuah NIC. Contohnya adalah loopback adapter dan dial-up adapter.

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan dalam instalasi NIC adalah sebagai berikut.
  • Laptop/PC

  • NIC
  • Driver NIC
Adapun langkah-langkah instalasi NIC adalah sebagai berikut.
1) Untuk menginstal driver NIC, buka di Device Manager. Klik Start, pilih Computer.

2) Klik kanan Computer, kemudian klik Properties.

3) Setelah tampilan Properties dari Computer  muncul, klik Device Manager.

4) Setelah tampilan Device Manager muncul, klik kanan pada Ethernet Controller, pilih Update Driver.

5) Setelah itu klik “Browse my computer for driver software “.

6) Setelah tampilan “Browse my computer” muncul, klik browse.

7) Setelah itu, pilih folder tempat tersimpannya driver, lalu klik OK.

8) Kemudian, klik Next untuk menginstal driver.

9) Setelah klik Next, maka proses penginstalan akan berjalan.

10) Setelah selesai menginstal, maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Setelah itu klik Close.

11) Untuk mengetahui keberhasilan instalasi NIC, lihat pada Device Manager. Jika NIC telah terbaca oleh system, berarti instalasi NIC telah berhasil. Perhatikan gambar berikut.

12) Untuk lebih meyakinkan, buka pada Control Panel, Network and Internet, Network Connection.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


0 comments:

Post a Comment