Thursday 18 December 2014

Input

1.      Keyboard
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) adalah alat untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan  ketik/keyboard  terdiri  atas  tombol-tombol  berbentuk  kotak  dengan  huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol pada  papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik. Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer.
Gambar Keyboard

2.      Mouse
Mouse adalah alat input data disamping keyboard. Mouse lebih fleksibel daripada keyboard. Jika keyboard hanya mampu meng-input tulisan dan kombinasi perintah. Maka, mouse mampu menggambar, membuat sketsa, memilih program, dll. Tapi, tentu saja mouse tetap tidak mampu mengganti fungsi utama keyboard.
Mouse  tipe  jadul  menggunakan  bola  karet  untuk  menggerakan  pointer. Kekuranganya, bola karet mouse jenis ini sering dipenuhi debu dan jotoran. Terutama bagian dalam yang langsung berhubungan dengan bola karet tersebut. Kekurangan lainya, mouse tipe  ini  tidak  memiliki  scroll  (roda  ditengah  mouse  untuk  menggulung  layar).  Hanya memiliki tombol kiri dan tombol kanan. (tipeselanjutnya disertai scrool).
Mouse tipe modern menggunakan sinar infra red. Sehingga tidak ada kendala macet karena roda ditempeli kotoran. Tipe mouse yang lebih canggih adalah mouse multi media yang memiliki fungsi lebih lengkap.
Mouse  secara  umum  menggunakan  kabel.  Kabel  ini  pula  yang  membuat  mouse disebut  mouse  karena  mirip  tikus  dengan  ekornya.  Tapi,  ada  juga  mouse  yang  tidak
menggunakan kabel. Yaitu menggunakan jaringan wireless. Menggunakan koneksi vis USB
Mouse jenis ini lebih simple tapi memiliki kekurangan. Yaitu saat baterai habis, mouse tidak bisa berfungsi. Jadi, harus selalu menyediakan baterai cadangan.
Gambar Macam-Macam Mouse

3.      Power Supply
Power Supply atau lebih sederhana dikenal dengan istilah adaptor. Adalah bagian dari perangkat kmputer yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke semua perangkat computer. Power Supply yang sekarang digunakan secara umum memiliki daya sebesar 450 Volt.
Power Supply secara umum memiliki Tiga jenis kabel output. Pertama: kabel utama untuk Motherboard (hanya satu buah). Kedua: kabel untuk Hardisk ATA/SATA (jumlahnya cukup banyak). Ketiga: Kabel untuk Floopy Disk (jumlahnya dua atau lebih).
Gambar Power Supply Lengkap

Gambar Power Supply Standar

4.      CD/DVD ROM Drive
a.      CD-R dan DVD-R
Sebelum  memahami  CD-ROM dan  DVD-ROM,  mari  kita  kenali  terlebih  dahulu kepingan CD-R dan DVD-R. CD-R adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data.
Kepingan CD pada awalnya hanya untuk audio dan video saja. Akan tetapi, setelah perkembangan teknologi semakin meningkat, kepingan CD ini bisa digunakan untuk mengimpan berbagai data dan aneka program computer. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.
CD-R bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-R, alat utama yang diperlukan adalah CD-ROM DRIVE.
Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re
Write/RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW. Alat untuk menulis data ke keping CD- R adalah CD-RW Drive. Proses menulis data ke CD dikenal dengan istilah BURNING.
Adapun DVD-R adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf -huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.
DVD-R bisa dibaca menggunakan DVD-ROM DRIVE. Jenis DVD yang bisa ditulisi berulang kali adalah DVD-RW dan bisa ditulisi menggunakan DVD-RW DRIVE. Gambar dibawah adalah logo CD-R dan gambar keeping DVD.
Gambar Kepingan CD dan DVD

b.      CD-ROM dan DVD-ROM
Dari  keterangan  diatas,  semoga  antum sudah  memahami  perbedaan antara  CD-R
dengan CD-ROM DRIVE dan DVD-R dengan DVD-ROM DRIVE. Untuk lebih memahami dengan sederhana, CD-R dan DVD-R adalah kepingannya. Sedangkan CD-ROM DRIVE   dan DVD-ROM DRIVE adalah perangkat yang digunakan untuk membacanya.
Sedangkan untuk menulis data ke kepingan CD-R adalah CD-RW DRIVE dan untuk menulis data ke kepingan DVD-R adalah DVD-RW DRIVE. Lihat Gambar dibawah:
Gambar CD-ROM Drive

Untuk lebih memperjelas lihat perbandingan pada tabel berikut :

5.      Modem
Modem  adalah  alat  untuk  menyambungkan  komputer  dengan  internet.  Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diteri ma dengan baik.
Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk
diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat  dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
Gambar Modem Internal PCI Slot

Gambar Modem Eksternal

Gambar Modem USB


0 comments:

Post a Comment