Thursday 18 December 2014

Pengantar Perakitan Komputer

1.      1. Sejarah Komputer
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.
Usaha  yang  dilakukan  oleh  pihak  Amerika  pada  saat  itu  menghasilkan  suatu kemajuan  lain.  Howard  H.  Aiken  (1900-1973),  seorang  insinyur  Harvard  yang  bekerja dengan  IBM,  berhasil  memproduksi  kalkulator  elektronik  untuk  US  Navy.  Kalkulator tersebut  berukuran  panjang  setengah  lapangan  bola  kaki  dan  memiliki  rentang  kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode - biner  yang  berbeda  yang  disebut  “bahasa  (machine  language).  Hal  ini  menyebabkan
komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.

2.      2. Merakit Komputer
Hampir semua pekerjaan melibatkan computer. Akan tetapi, pemahaman terhadap computer sangat minim. Padahal, ilmu computer termasuk mudah untuk dipelajari. Hanya butuh waktu dan kesabaran dalam mempelajarinya.
Untuk menguasai ilmu computer, tidak perlu lulusan sekolah tehnik, atau kursus secara khusus mendalami ilmu computer. Sekarang, banyak anak lulusan pesantren yang memiliki kemampuan handal dibidang computer.
Santri, sekarang sudah mampu untuk menggunakan berbagai aplikasi komputer. Pengolah kata (MS. Word dan Open Office), worksheet (excel dan Calc) dan presentasi (Power Point dan Impress). Editing audio dan video. Editing foto. Membuat desain grafis untuk logo, baner, spanduk, gambar 2D dan 3D. menggunakan internet. Bahkan, diantara mereka sudah ada yang mampu mengkonsfigurasi jaringan computer dan membuat website (situs)  sendiri,  baik  yang  berbayar  atau  blog  gratisan  seperti  Wordpress,  Blogspot  dan
Multiply.
Kemampuan dalam bidang computer tidak pula harus selalu dibimbing oleh teknisi dan guru jebolan universitas teknologi jurusan computer. Sekarang, buka internet kemudian cari tutorial suatu program dan praktekan. Banyak   situs, milis, wiki dan perkumpulan di internet  yang intens membahas suatu  aplikasi  atau  program.  Mereka  sharing ilmu  yang mereka miliki, apapun ada. Jadi, tidak ada yang sulit bagi mereka yang mau belajar dan berusaha. Just Ask Mbah Google! (tanyakan saja pada Mbah Google!)
Diantara kemampuan mendasar dalam bidang computer adalah MERAKIT. Merakit yaitu menyatukan komponen-komponen yang dibutuhkan agar computer bisa berjalan sesuai dengan yang kita inginkan.
Bagi mereka yang belum pernah merakit computer, sepertinya terlihat susah. Gimana gitu merakit? Padahal, praktek merakit bisa selesai dalam waktu kurang dari setengah jam. Atau digenapkan menjadi satu jam. Ya, merakit komputer bisa dikuasai dalam satu jam saja. Jika ditambah teori dan pengenalan berbagai hardware (perangkat keras), kita tambah satu jam. Jadi, dalam waktu dua jam, antum sudah bisa merakit computer dan paham perangkat yang dibutuhkan serta fungsi-fungsi masing-masing.
Nah, gampang dan sebentar kan?! Tertarik? Mari kita langsung mulai.

3.      3. Perangkat Dasar Yang Dibutuhkan
Adapun perangkat dasar yang dubutuhkan dalam perakitan computer adalah sebagai berikut.

4.      4. Ilustrasi Sederhana Merakit Komputer
Ilustrasi perakitan computer ditunjukkan pada gambar berikut ini.


0 comments:

Post a Comment